Tips Menggunakan Exhaust Fan Sebagai Alternatif Ventilasi Rumah

Mungkin rumah anda sudah terdapat lubang ventilasi alami, akan tetapi untuk daerah tertentu ataupun perkotaan, panasnya suhu sekitar rumah perkotaan ventilasi alami saja terkadang tidak cukup. Exhaust fan atau hexos bisa menjadi solusi untuk pendingin ruangan juga, namun sebenarnya alat ini berfungsi untuk menyedot udara dalam ruangan sekaligus memasukan udara segar ke dalam ruangan, jadi berbeda dengan AC. Kita juga dapat mengatur berapa volume yang ingin dimasukkan atau dikeluarkan.

Penempatan Kopas Hexos

Setiap ruangan memerlukan sirkulasi berbeda sesuai fungsinya masing-masing. Semisal ruangan tidur memerlukan pergantian udara sekitar 2 sampai 4 kali setiap jamnya, kamar mandi sekitar 6 sampai 10 kali serta dapur sekitar 10 sampai 15 kali. Apabila ruangan yang anda pakai dipasangi AC, exhaust fan dapat menjadi penyeimbang sebab bisa mengurangi kelembaban ruangan. Namun perlu diingat bahwa pemakaian AC serta Exhaust Fan jangan berbarengan sebab exhaust fan akan menyedot udara sejuk yang dikeluarkan AC. Sehingga tempat yang tepat untuk dipasang Hexos adalah :

  • Kamar Tidur : Bagi anda yang anti AC, Hexos bisa menjadi alternatif blower kamar tidur pengganti AC, agar sirkulasi udara berganti, harga blower dinding ini hampir sama dengan kipas biasa, jauh lebih murah daripada AC.
  • Ruang Dapur : Dengan aktifitas memasak yang menyebabkan udara tidak segar lagi, Hexos sangat direkomendasikan dinyalakan ketika beraktifitas di dapur.
  • Kamar Mandi : Hexos di kamar mandi ini biasanya posisinya menghadap ke bawah, sehingga pembuangannya ke atas.
  • Ruang Tamu : Pemasangan hexos di ruang tamu menjadikan ruangan lebih segar apalagi penghuni rumah atau tamu adalah perokok.

Sebaiknya jangan memasang Exhaust Fan secara berlebihan, pasanglah hanya pada ruangan yang sirkulasinya kurang dari lubang ventilasi alami. Terdapat 3 jenis Exhaust Fan menurut pemasangannya, yaitu Wall Mount dipasang pada dinding, Window Mount dipasang pada jendela kaca serta Ceiling Mount dipasang pada plafon.

Rekomendasi Penyejuk Ruangan: jual kipas angin dinding maspion berkualitas murah

Untuk Exhaust Fan Wall Mount serta Window Mount, pasanglah bagian kelangkang menghadap ke area terbuka sebagai area menarik maupun pembuangan udara kotor. Sedangkan untuk Exhaust Fan Ceiling Mount hanya berguna untuk menarik udara keluar, pada Exhaust Fan tipe ini ada yang dilengkapi dengan pipa penyalur udara keluar serta lampu.

Ukuran Exhaust Fan berbeda-beda sesuai dengan keperluan, untuk mempermudah konsumen dalam memilih Exhaust Fan mana yang sesuai dengan kebutuhan. Semisal Exhaust Fan berdiameter 8 inci untuk ruang 4 m2, diameter 10 inci untuk ruang 8 m2 serta diameter 12 inci untuk ruang 12m2

Sebelum membeli alangkah baiknya untuk menghitung volume yang diperlukan untuk sirkulasi udara ruangan yang hendak di pasang Exhaust Fan. Berikui ini adalah cara menghitung keperluan volume sirkulasi yang diperlukan suatu ruangan.

Langkah pertama ukurlah volume ruangan, ukur Panjang x Lebar x Tinggi, contohnya ingin memasang Exhaust Fan di kamar tidur dengan ukuran panjang 3 meter, lebar 2 meter serta tinggi 2 meter. Maka dimensi ruangan tidur tersebut yaitu 12 m3. Kemudian kalikan volume ruang dengan kebutuhan sirkulasi udara setiap jamnya menurut kebutuhan ruangan, untuk kamar tidur yaitu 6 sampai 10 kali penggantian udara, jadi 12 m3 x 8 kali pergantian udara yaitu 96 m3.

Jual blower jual axial jual exhaust jual centrifugal jual wall fan distributor blower distributor axial distributor exhaust distributor centrifugal distributor wall fan jual blower surabaya jual axial surabaya jual exhaust surabaya jual centrifugal surabaya jual wall fan surabaya jual blower murah jual axial murah jual exhaust murah jual centrifugal murah jual wall fan murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *